Home » » #24 Hidup Sejahtera

#24 Hidup Sejahtera

Written By nurul on Selasa, 18 Juli 2017 | 16.26

Kultum Ramadhan


Semua manusia menginginkan kehidupan yg sejahtera. Kesejahteraan identik dengan terpenuhinya semua kebutuhan hidup. Hidup sejahtera  adalah kondisi kehidupan yg menyenangkan, menentramkan dan penuh kebahagiaan.

Manusia terdiri dari dua unsur, jasmani dan rohani. Lahir dan batin. Fisiologis dan psikologis. Kebutuhan yg harus dicukupi harus mencakup keduanya. Makan, minum, pakaian, tempat tinggal, kendaraan dan seterusnya adalah yg
Lahir. Sedangkan yg batin, meliputi; hiburan, sosialisasi, ibadah, cinta dan sejenisnya.

Kecenderungan era materialisme sekarang, standar sejahtera hanya terpenuhinya fasilitas materi saja. Mengabaikan Ruhani. Bisa dipastikan kehidupan 'mandeg' di dunia saja; sulit diajak bicara tentang akherat, kehidupan yg hakiki.

Pembicaraan akherat akan menguatkan batin, jiwa dan psikis. Dan jiwa yg sejahtera adalah saat bisa beramal kebaikan, menolong orang, berdoa dan cerdas spiritualnya.

Masyarakat kita saat ini sdh pada tingkat kejenuhan yg luar biasa. Kesejahteraan Ruhani menjadi buruan utama bahkan bagi mereka yg tidak beragama sekalipun.

Pasaran bagus, dikemas dengan model bermacam-macam. Bermerk "agama", menawarkan jasa kepada masyarakat yg ingin mendapatkan kesejahteraan batiniah. Aneka kursus ibadah hadir, kursus tahajud, kursus puasa, kursus dzikir sampai terapi ghaib...

Menjadi ustadz, kiai, kanjeng, 'Gus', eyang merupakan profesi baru. Padepokan-padepokan didirikan sebagai 'mitra' pondok-pondok pesantren. Dikomandani oleh mereka yg cukup hanya modal penampilan menarik, terlihat religius dan terkadang 'nyentrik'. Dangkal pengetahuan agama tak jadi soal, yg penting cakap memutar lidah, menghibur.

Jamaah akan selamat atau sesat, tidaklah penting. Yg penting tenar, dikenal dan mendapat keuntungan besar.

Meminjam istilah DR Islah Gusmian, pakar peneliti 'living Qur'an' dari IAIN Surakarta, "Masa sekarang banyak hadir komersialisasi dan kapitalisasi Agama. 'PT Amma Ba'du' adalah usaha yg mendulang banyak keuntungan, modal sedikit hasil banyak. Banyak para artis pun mendadak jadi "ustadz"...!?

Marilah berdoa saudaraku agar kita terhindar dari Fitnah akhir Zaman;
Ya Allah.., mata telah terpejam, bintang telah redup; namun KAU senantiasa hidup dan selalu terjaga.
Ya Allah...,usahaku utk mendapatkan surga sangat lambat dan pelarianku dari neraka sangat lemah...
Mohon tunjukkan dari sisimu orang2 pilihanMU yg mengantarkan kemuliaan dan keredhaanMU dalam kesejahteraan lahir batin kami....Aamiin

Allahu a'lamu bishowab

24 Ramadhan 1438
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Magnet Islam Official
Copyright © 2011. Magnet Islam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger