Home » » #12 Sangkan Paraning Dumadi

#12 Sangkan Paraning Dumadi

Written By nurul on Minggu, 11 Juni 2017 | 08.20

Kultum Ramadhan
Sangkan Paraning Dumadi

'Sangkan paraning dumadi' adalah terminologi jawa yg bertahan hanya dalam pepatah atau idiom saja. Karena tak banyak diantara kita, manusia yg bersedia dan sanggup menterjemahkan dlm bahasa perjalanan kehidupan mereka.

'Sangkan paraning dumadi', ungkapan sederhana. Proses perjalanan panjang menuju Sang Khaliq, Allah SWT. Banyak yang sudah mengingatkan melalui berbagai acara kajian, kuliah, ceramah, khutbah. Namun kenapa banyak orang yg gagal menemukan Rabbnya sampai ajal menjumpai mereka.

Banyak manusia yg hanya menghabiskan waktu, mengejar angan-angan kosong. Tanpa ada waktu utk merenungkan diri dan kehidupan, apalagi hakekat penciptaan dirinya. Sehingga berakhir menjadi manusia lupa diri.

Perlu direnungkan, tentang diri kita; jantung, ginjal, lambung, paru2, aliran darah, pandangan mata, sistem pendengaran, sistem syaraf dan metabolisme kita. Apakah kita mampu mengatur dan mengendalikan semua itu....?!
Kelahiran dan keberadaan kita di pentas dunia ini; apakah atas keinginan dan kemauan kita...?!
Kesuksesan yg teraih; apakah murni atas usaha dan kerja keras kita....?!
Bila usia 'menjelang'; apakah yg dibanggakan diantara fisik, prestasi, harta kekayaan, jabatan atau keluarga serta keturunan kita.....?!
Bila sdh sampai di liang lahat; apakah yg kita bisa bawa atas semua pencapaian dlm kehidupan kita....?!

Saudaraku,
Hanya mereka yg berakal sehat yg bisa memberikan jawaban penuh kemuliaan. Dan itulah yg paham makna 'sangkan paraning dumadi' akan mendapatkan solusi terbaik.

Kita harus 'taqarrub', mendekatkan diri kepada Sang Pemilik semua saham kehidupan kita. 'Taqarrub', asal kata qaraba yg artinya dekat. Allah SWT sebenarnya sudah dekat, bahkan lebih dekat dari urat leher kita sendiri.

Maksud mendekatkan itu adalah menjadikan hati dan pikiran kita menjadi kian dekat denganNya. Itulah yg paham 'sangkan paraning dumadi', saat mampu terhubungnya manusia yg fana dan lemah dgn kekuatan yg Agung dan Abadi.

AlQur'an telah bertutur mengenai proses kedekatan itu,".... sujudlah dan dekatkan (dirimu dengan Tuhan)".
Surat Al 'Alaq; 19.

Bagi pribadi Muslim, menegakkan sholat adalah 'sangkan paraning dumadi'. Sholat adalah pembebasan batas-batas realitas bumi yg terbatas menuju realitas alam raya dan kesempurnaan.

Sholat adalah sentuhan yg teramat lembut atas hati yg letih dan payah. Raka'at2 sholat kita ingin mendekat. Takbir menghadirkan ketundukan, jauh dari kesombongan. Basmalah menyebutkan namaNya, menegaskan orientasi dan tujuan hidup. Ia Maha Kasih, kasih tak dipilih, Maha Sayang, sayang tak terbilang.....

Sholat, yg menjadikan kita temukan makna Ihsan,"....Kau ibadah kpd Allah SWT seakan-akan engkau melihatNya. Bila engkau tak mampu melihatNya, yakinlah, DIA menatapmu lekat setiap waktu.
 'Wahai saudaraku, istirahat dan bersenanglah dgn sholat....!?
Allahu a'lamu bishowab

12 Ramadhan 1438
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | Magnet Islam Official
Copyright © 2011. Magnet Islam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger